BAB II
STANDAR KOMPETENSI
A.
Standar Kompetensi Lulusan SMK
1.
Berperilaku
sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2.
Mengembangkan
diri secara optimal dengan
memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
3.
Menunjukkan
sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan
pekerjaannya
4.
Berpartisipasi
dalam penegakan aturan-aturan sosial
5.
Menghargai
keberagaman agama, bangsa, suku, ras,
dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
6.
Membangun
dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan
inovatif
7.
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif,
dan inovatif dalam pengambilan keputusan
8.
Menunjukkan
kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
9.
Menunjukkan
sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala
alam dan sosial
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif
dan bertanggung jawab
13. Berpartisipasi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara
Kesatuan Republik Indonesia
14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni
dan budaya
15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
16. Menghasilkan karya kreatif, baik
individual maupun kelompok
17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri,
kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara
efektif dan santun
19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang
lain dalam pergaulan di masyarakat
20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan
berempati terhadap orang lain
21. Menunjukkan keterampilan membaca dan
menulis naskah secara sistematis dan estetis
22. Menunjukkan keterampilan menyimak,
membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23. Menguasai kompetensi program keahlian dan
kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti
pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya
24.
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran
1.
Pendidikan Agama Islam
a) Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang
berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi
b) Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai
Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
c) Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan,
taubat dan raza dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabdzir dan
fitnah
d) Memahami sumber hukum Islam dan hukum
taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
e) Memahami sejarah Nabi Muhammad pada
periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di
dunia
2.
. Pendidikan Kewarganegaraan
a) Memahami hakekat bangsa dan Negara
Kesatuan Republik Indonesia
b) Menganalisis sikap positif terhadap
penegakan hukum, peradilan nasional, dan tindakan anti korupsi
c) Menganalisis pola-pola dan
partisipasi aktif dalam pemajuan, penghormatan serta penegakan HAM baik
di Indonesia maupun di luar negeri
d) Menganalisis peran dan hak warganegara dan
sistem pemerintahan NKRI
e) Menganalisis budaya politik demokrasi,
konstitusi , kedaulatan negara, keterbukaan dan keadilan di Indonesia
f) Mengevaluasi hubungan internasional dan
sistem hukum internasional
g) Mengevaluasi sikap berpolitik dan
bermasyarakat madani sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
h) Menganalisis peran Indonesia dalam politik
dan hubungan internasional, regional, dan kerja sama global lainnya
i)
Menganalisis
sistem hukum internasional, timbulnya konflik internasional, dan mahkamah
internasional
3.
Bahasa Inggris
Level
Novice
a)
Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk
mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari
b)
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam
wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam
bentuk menyampaikan permintaan dan
perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
c)
Membaca
Memahami makna dalam wacana tulis
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk
menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
d)
Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam
wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam
bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari
Level
Elementary
a) Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk
mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
b) Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam
wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam
bentuk menyampaikan permintaan dan
perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
c) Membaca
Memahami makna dalam wacana tulis
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk
menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
d)
Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal
dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan
secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
Level Intermediate
a)
Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan
permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
b)
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan
keprofesian
c)
Membaca
Memahami makna dalam wacana tulis
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk
menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
d)
Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam
wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam
bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan
dengan keprofesian
4.
Bahasa Indonesia
Tingkat Semenjana
a) Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan
penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
b) Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk
mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari
c) Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk
memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari
d) Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis
untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan
tabel yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
Tingkat Madia
a) Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan
penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan
b) Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan pekerjaan
c) Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk
memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan
pekerjaan
d) Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis
untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan
tabel yang berkaitan dengan pekerjaan
Tingkat Unggul
a) Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan
penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah
sederhana
b) Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk
mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan
dengan kegiatan ilmiah sederhana
c) Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk
memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan
kegiatan ilmiah sederhana
d) Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis
untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan
tabel yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
5.
Matematika
a) Memahami konsep operasi bilangan riil
serta penerapannya dalam pemecahan masalah
b) Memahami konsep aproksimasi kesalahan
serta penerapannya dalam pemecahan masalah
c) Memahami sistem persamaan linier,
pertidaksamaan linier, dan persamaan kuadrat, serta penerapannya dalam
pemecahan masalah
d) Memahami logika matematik dalam pernyataan
majemuk dan pernyataan berkuantor serta penerapannya dalam pemecahan masalah
e) Memahami konsep matriks dan penerapannya
dalam pemecahan masalah yang terkait dengan matriks
f) Memahami konsep perbandingan, fungsi,
persamaan, dan identitas trigonometri dan penerapannya dalam pemecahan masalah
g) Memahami konsep persamaan fungsi linier
dan fungsi kuadrat dan penerapannya dalam pemecahan masalah
h) Memahami konsep barisan dan deret dan
penerapannya dalam pemecahan masalah
i)
Memahami
konsep kedudukan, jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi dua dan
penerapannya dalam pemecahan masalah
j)
Memahami
konsep vektor dan penerapannya dalam pemecahan masalah
k) Memahami konsep teori peluang dan
penerapannya dalam pemecahan masalah
l)
penerapannya
dalam pemecahan masalah
m) Memahami konsep irisan kerucut dan
penerapannya dalam pemecahan masalah
n) Memahami konsep limit fungsi dan turunan
fungsi dan penerapannya dalam pemecahan masalah
o) Memahami konsep integral dan penerapannya
dalam pemecahan masalah
p) Menghargai kegunaan matematika dalam
kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam
mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan
masalah
q) Menalar secara kritis dan mengembangkan
aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah serta mengkomunikasikan ide
r) Menerapkan Matematika sebagai dasar
penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri
6.
Ilmu Pengetahuan Alam
a) Mampu mengenali gejala-gejala alam melalui
pengamatan langsung dan menafsirkannya untuk kepentingan kehidupan sehari-hari
b) Mengenali berbagai jenis polusi dan
dampaknya terhadap manusia dan lingkungan
c) Memiliki kesadaran dan mampu berperanserta
dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan ekosistem lingkungan dan sumber
daya alam
d) Menerapkan IPA sebagai dasar penguasaan
kompetensi produktif dan pengembangan diri
7.
Fisika
a) Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan
melakukan pengukuran besaran fisika secara
langsung, tidak langsung, secara
cermat, teliti, dan obyektif
b) Menganalisis gejala alam dan
keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, kekekalan energi, impuls,
dan momentum
c) Memahami sifat mekanik bahan serta
menentukan kekuatan bahan
d) Mendeskripsikan prinsip dan konsep
konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum
termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor
e) Menerapkan konsep dan prinsip optik dan
gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah
f) Memahami konsep getaran, gelombang, dan
bunyi serta penerapannya untuk pemecahan masalah
g) Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan
dan kemagnetan dalam berbagai masalah
h) Menguasai konsep dasar Fisika yang
mendukung secara langsung pencapaian kompetensi program keahliannya
i)
Menerapkan
konsep dasar Fisika untuk mendukung penerapan kompetensi program keahliannya
dalam kehidupan sehari-hari
j)
Menerapkan
konsep dasar Fisika untuk mengembangkan kemampuan program keahliannya pada
tingkat yang lebih tinggi
8.
Kimia
a) Memahami konsep materi dan perubahannya,
fenomena reaksi kimia yang terkait dengan kinetika, kesetimbangan, kekekalan
masa dan kekekalan energi
b) Memahami sifat berbagai larutan asam-basa,
larutan koloid, larutan elektrolit-non elektrolit, termasuk cara pengukuran dan
kegunaannya
c) Memahami konsep reaksi oksidasi-reduksi
dan elektrokimia serta penerapannya dalam fenomena pembentukan energi listrik,
korosi logam, dan pemisahan bahan (elektrolisis)
d) Memahami struktur molekul dan reaksi
senyawa organik yang meliputi benzena dan turunannya, lemak, karbohidrat,
protein, dan polimer serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
e) Meningkatkan kesadaran tentang terapan
kimia yang dapat bermanfaat dan juga merugikan bagi individu, masyarakat, dan
lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan
demi kesejahteraan masyarakat
f) Memahami konsep, prinsip, hukum, dan teori
kimia serta saling keterkaitannya dan penerapannya untuk menyelesaikan masalah
dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi
g) Menggunakan pengetahuan dasar kimia dalam
kehidupan sehari-hari, dan memiliki kemampuan dasar kimia sebagai landasan
dalam mengembangkan kompetensi di masing-masing bidang keahlian.
9.
Ilmu Pengetahuan Sosial
a) Memahami konsep-konsep interaksi
antarindividu serta interaksi dengan lingkungan masyarakat sekitar
b) Memahami proses perkembangan kolonialisme
dan imperialisme barat hingga terjadinya kebangkitan nasional
c) Memahami konsep kebutuhan manusia akan
barang serta memahami proses-proses dasar ekonomi dalam rangka pemenuhan
kebutuhan
d) Berpikir logis dan kritis, rasa ingin
tahu, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial ekonomi
e) Memiliki komitmen tinggi terhadap
nilai-nilai sosial, budaya, dan kemanusiaan
f) Mampu berkomunikasi, bekerjasama dan
berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional, dan global.
10.
Seni Budaya
Seni Rupa
a)
Memahami konsep seni rupa dan
memahami pentingnya seni rupa dalam kehidupan
b) Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni
rupa
Seni Musik
a)
Memahami konsep seni musik dan
memahami pentingnya seni musik dalam kehidupan
b)
Menunjukan
sikap apresiatif terhadap seni musik
Seni Tari
a)
Memahami konsep seni tari dan
memahami pentingnya seni tari dalam kehidupan
b)
Menunjukan
sikap apresiatif terhadap seni tari
Teater
a)
Memahami
konsep teater dan memahami pentingnya teater dalam kehidupan
b) Menunjukan sikap apresiatif
terhadap teater
11.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
a)
Mempraktekkan
keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan peraturan
b)
Mempraktekkan
rangkaian senam lantai dan irama serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
c)
Mempraktekkan
pengembangan mekanik sikap tubuh, kebugaran jasnani serta aktivitas lainnya
d)
Mempraktekkan
gerak ritmik yang meliputi senam pagi, senam aerobik, dan aktivitas lainnya
e)
Mempraktekkan
kegiatan dalam air seperti renang, permainan di air dan keselamatan di air
f)
Mempraktekkan
kegiatan-kegiatn di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam
sekitar, mendaki gunung, dan lain-lain
g)
Memahami
budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta
lingkungan yang sehat, mengenal berbagai penyakit dan cara mencegahnya serta
menghindari narkoba dan HIV
12.
Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
a) Mampu mengoperasikan komputer PC
b) Mampu mengoperasikan sistem operasi soft ware
c) Mampu menggunakan teknologi komputer untuk mengolah
data, keperluan sehari-hari serta keperluan yang terkait dengan kebutuhan dunia
kerja
d)Mampu mengoperasikan PC dalam suatu
jaringan serta mengoperasikan web design
13.
Kewirausahaan
a) Mampu mengidentifikasi kegiatan dan
peluang usaha dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan
masyarakatnya
b) Menerapkan sikap dan perilaku wirausaha
dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakatnya
c) Memahami sendi-sendi kepemimpinan dan
mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta menerapkan perilaku kerja
prestatif dalam kehidupannya
d) Mampu merencanakan sekaligus mengelola
usaha kecil/mikro dalam bidangnya
14. Dasar Kompetensi Keahlian
Multimedia
a) MM.IN.01.001.01 : Mengidentifikasi
etimologi multimedia
b) MM.IN.01.002.01 : Mengidentifikasi alir proses produksi
produk multimedia
c) MM.IN.01.003.01 : Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam
desain komunikasi visual
d)MM.IN.01.004.01 : Menerapkan prinsip-prinsip seni fotografi
dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
e) MM.IN.01.005.01 : Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
di bidang multimedia
15. Kompetensi Keahlian Multimedia
a) MMP.AD.01.001.01 : Menyiapkan sebuah proposal
b)
MMP.SA.01.001.01 :
Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja
c)
MMP.TE.01.001.01 : Memeriksa,
merawat, dan memperbaiki peralatan
d)
MMP.ME.02.011.01 : Memperbarui isi
halaman web
e)
MMP.CA.02.001.01 : Men-set-up dan
mengoperasikan kamera video dasar
f) MMP.CA.02.002.01 : Merancang dan membuat rencana
kerja kamera
g) MMP.CA.02.006.01 : Merawat daya battery dan stok
video untuk sebuah shooting
h) MMP.CA.02.007.01 : Mengkoordinir dan mengisi stok
film
i)
MMP.CA.02.008.01 : Melakukan pemeriksaan kamera sebelum shooting
j)
MMP.CA.02.009.01 : Mengoperasikan clapperboard
k) MMP.CA.02.010.01 : Men-set-up
sebuah kamera
l)
MMP.CA.02.011.01 : Menata kabel-kabel kamera
m)
MMP.AN.02.005.01 : Membuat gambar kunci untuk animasi
n) MMP.AN.02.006.01 : Membuat
gambar clean-up dan sisip
o) MMP.AN.02.009.01 : Membuat
animasi stop-motion (bidang datar)
p) MMP.IC.02.003.01 : Menggabungkan
teks kedalam sajian multimedia
q) MMP.IC.02.004.01 : Menggabungkan
gambar 2D kedalam sajian multimedia
r) MMP.IC.02.005.01 : Menggabungkan
fotografi digital kedalam sajian multimedia
s) MMP.IC.02.006.01 : Menggabungkan
audio ke dalam sajian multimedia
t) MMP.LG.02.003.01 : Menyiapkan,
memasang dan memantau peralatan pencahayaan
u) MMP.LG.02.005.01 : Menjalankan
konsol-konsol pencahayaan
v) MMP.SF.03.006.01 : Merakit
dan merawat item-item efek khusus selama produksi
DIAGRAM PENCAPAIAN KOMPETENSI
A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama Islam
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
|
|
1.
Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
|
1.1.
Membaca
QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Hajj: 5
1.2.
Menyebutkan
arti QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Hajj: 5
1.3.
Menampilkan
perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 30,
Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Hajj: 5
|
2.
Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah
|
2.1.
Membaca
QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
2.2.
Menyebutkan
arti QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
2.3.
Menampilkan
perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam QS Al An’am: 162-163
dan Al-Bayyinah: 5
|
Aqidah
|
|
3.
Meningkatkan
keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Al Asma
|
3. 1
Menyebutkan
10 sifat Allah dalam Al-Asma al-Husna
3. 2
Menjelaskan
arti 10 sifat Allah dalam Al-Asma al-Husna
3. 3
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Al-Asma
al-Husna
|
Akhlak
|
|
4.
Membiasakan
perilaku terpuji
|
4. 1
Menyebutkan
pengertian perilaku husnudhan
4. 2
Menyebutkan
contoh-contoh perilaku husnudhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama
manusia
4. 3
Membiasakan
perilaku husnudhan dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
|
|
5.
Memahami
sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah
|
5. 1
Menyebutkan
pengertian, kedudukan dan fungsi Al Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
5. 2
Menjelaskan
pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
5. 3
Menjelaskan
pengertian dan hikmah ibadah
5. 4
Menerapkan
hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
|
Tarikh dan Peradaban Islam
|
|
6.
Memahami
keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah
|
6.1.
Menceritakan
sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
6.2.
Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
|
Al Qur’an
|
|
7.
Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi
|
7. 1
Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
7. 2
Menyebutkan arti QS Ali Imran: dan QS Asy Syura: 38
7. 3
Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti
terkandung dalam QS Ali Imran: dan QS Asy Syura: 38 dalam kehidupan
sehari-hari
|
Aqidah
|
|
8.
Meningkatkan
keimanan kepada Malaikat
|
8. 1
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat
8. 2
Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada
Malaikat
8. 3
Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada
Malaikat dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Akhlak
|
|
9.
Membiasakan
perilaku terpuji
|
9. 1 Menjelaskan pengertian adab dalam
berpakaian, berhias, bertamu, menerima tamu, dan bepergian
9. 2 Menampilkan contoh-contoh adab dalam
berpakaian, berhias, bertamu, menerima tamu, dan bepergian
9. 3 Mempraktikkan adab dalam berpakaian,
berhias, bertamu, menerima tamu, dan bepergian dalam kehidupan sehari-hari
|
10. Menghindari perilaku tercela
|
10. 1 Menjelaskan pengertian hasud, riya dan aniaya
10. 2 Menyebutkan contoh perilaku hasud, riya, dan aniaya
10. 3 Menghindari perilaku hasud, riya dan aniaya
dalam kehidupan sehari-hari
|
Fiqih
|
|
11. Memahami hukum Islam tentang infak,
zakat, haji dan wakaf
|
11. 1
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan
infak, zakat, haji dan wakaf
11. 2
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan infak, zakat,
haji dan wakaf
11. 3 Membiasakan berinfak
|
Tarikh dan Peradaban Islam
|
|
12. Memahami keteladanan Rasulullah SAW
dalam membina umat periode Madinah
|
12.
1 Menceritakan sejarah
dakwah Rasulullah periode Madinah
12. 2 Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
|
|
13. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
kompetisi dalam kebaikan
|
13. 1 Membaca QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir:
32
13. 2 Menjelaskan arti QS Al Baqarah: 148 dan QS
Al-Fatir: 32
13. 3
Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperi terkandung
dalam QS Al Baqarah: 148 dan QS Al-Fatir: 32
|
14. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
perintah menyantuni kaum dhuafa
|
14. 1
Membaca QS Al Isra: 26–27 dan
QS Al-Baqarah: 177
14. 2 Menjelaskan arti QS Al-Isra: 26-27 dan QS
Al Baqarah: 177
14. 3
Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa seperti terkandung dalam
QS Al-Isra: 26-27 dan QS Al Baqarah: 177
|
Aqidah
|
|
15. Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah
|
15. 1
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah
15. 2
Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
15. 3
Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
|
Akhlak
|
|
16. Membiasakan berperilaku terpuji
|
16. 1
Menjelaskan pengertian taubat
dan raja`
16. 2
Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja`
16. 3
Membiasakan perilaku bertaubat dan
raja` dalam kehidupan sehari hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
|
|
17. Memahami hukum Islam tentang muamalah
|
17. 1 Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi
dalam Islam
17. 2
Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam
17. 3
Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
Tarikh dan Peradaban Islam
|
|
18. Memahami perkembangan Islam pada abad
pertengahan
|
18. 1
Menjelaskan perkembangan Islam pada
abad pertengahan
18. 2
Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
Al Qur’an
|
|
19. Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang
perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
|
19. 1
Membaca QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
19. 2
Menjelaskan arti QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash
Shad: 27
19. 3
Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti
terkandung dalam QS Ar Rum: 41- 42, QS
Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
|
Aqidah
|
|
20. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab
Allah
|
20. 1
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab
Allah
20. 2
Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Akhlak
|
|
21. Membiasakan perilaku terpuji
|
21. 1
Menjelaskan pengertian dan maksud
menghargai karya orang lain
21. 2
Menampilkan contoh perilaku
menghargai karya orang lain
21. 3
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan
sehari-hari
|
22. Menghindari perilaku tercela
|
22. 1
Menjelaskan pengertian dosa besar
22. 2
Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar
22. 3
Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari
|
Fiqih
|
|
23.
Memahami
ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah
|
23. 1
Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
23. 2
Memperagakan tatacara pengurusan jenazah
|
24.
Memahami
khutbah, tabligh, dan dakwah
|
24. 1
Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh, dan dakwah
24. 2
Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh, dan dakwah
24. 3
Memperagakan khutbah, tabligh, dan dakwah
|
Tarikh dan Peradaban Islam
|
|
25.
Memahami
perkembangan Islam pada masa modern
|
25. 1
Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
25. 2
Menunjukkan contoh peristiwa perkembangan Islam masa modern
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
|
|
26.
Memahami
ayat–ayat Al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi
|
26. 1
Membaca QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29
26. 2
Menjelaskan arti QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29
26. 3
Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS
Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29
|
27.
Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang etos kerja
|
27. 1
Membaca QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10
27. 2
Menjelaskan arti QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10
27. 3
Mebiasakan beretos kerja seperti terkandung dalam QS Al-Mujadalah: 11,
dan QS Al-Jumuah: 9-10
|
Aqidah
|
|
28.
Meningkatkan
keimanan kepada Hari Akhir
|
28. 1
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
28. 2
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
|
Akhlak
|
|
29.
Membiasakan
perilaku terpuji
|
29. 1
Menjelaskan pengertian adil, ridla, dan amal shaleh
29. 2
Menampilkan contoh perilaku adil, ridla, dan amal shaleh
29. 3
Membiasakan perilaku adil, ridla, dan amal shaleh dalam kehidupan
sehari-hari
|
Fiqih
|
|
30.
Memahami
hukum Islam tentang hukum keluarga
|
30. 1
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
30. 2
Menjelaskan hikmah perkawinan
30. 3
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di
Indonesia
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tarikh dan Peradaban Islam
|
|
31.
Memahami
perkembangan Islam di Indonesia
|
31. 1
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
31. 2
Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
31. 3
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
|
Al Qur’an
|
|
32.
Memahami
ayat–ayat Al Qur’an tentang pengembangan IPTEK
|
32. 1
Membaca QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah: 164
32. 2
Menjelaskan arti QS Yunus: 101 dan QS
Al-Baqarah: 164
32. 3
Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS Yunus: 101
dan QS Al-Baqarah: 164
|
Aqidah
|
|
33.
Meningkatkan
keimanan kepada qadha’ dan qadar
|
33. 1
Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar
33. 2
Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar
|
Akhlak
|
|
34.
Membiasakan
perilaku terpuji
|
34. 1
Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
34. 2
Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan
34. 3
Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan
sehari-hari
|
35.
Menghindari
perilaku tercela
|
35. 1
Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
35. 2
Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
35. 3
Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam
kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
|
|
36.
Memahami
hukum Islam tentang waris
|
36. 1
Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris
36. 2
Menjelaskan ketentuan hukum waris di Indonesia
36. 3
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris di Indonesia
|
Tarikh dan Peradaban Islam
|
|
37. Memahami perkembangan Islam di dunia
|
37. 1
Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
37. 2
Memberikan contoh perkembangan Islam di dunia
37. 3
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
1.1
Mendeskripsikan
hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
1.2
Mendeskripsikan
hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
1.3
Menjelaskan
pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
1.4
Menunjukkan
semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional
|
2.1
Mendeskripsikan
pengertian sistem hukum dan peradilan nasional
2.2
Menganalisis
peranan lembaga-lembaga peradilan
2.3
Menunjukkan
sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku
2.4
Menganalisis
upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
2.5
Menampilkan
peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
|
3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan,
penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)
|
3.1
Menganalisis
upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM
3.2
Menampilkan
peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
3.3
Mendeskripsikan
instrumen hukum dan peradilan internasional
HAM
|
Kelas
X, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan
konstitusi
|
4.1 Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi
4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara
4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945
Negara Kesatuan Republik Indonesia
4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara
|
5. Menghargai
persamaan kedudukan warga
negara dalam berbagai aspek kehidupan
|
5.1
Mendeskripsikan
kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia
5.2
Menganalisis
persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
negara
5.3
Menghargai
persamaan kedudukan warga negara tanpa
membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
|
6. Menganalisis sistem politik di Indonesia
|
6.1 Mendeskripsikan supra struktur dan infra
struktur politik di Indonesia
6.2 Mendeskripsikan perbedaan sistem politik
di berbagai negara
6.3 Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia
|
Kelas
XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menganalisis budaya politik di
Indonesia
|
1.1 Mendeskripsikan pengertian budaya politik
1.2 Menganalisis tipe-tipe budaya
politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
1.3 Mendeskripsikan pentingnya
sosialisasi pengembangan budaya
politik
1.4 Menampilkan peran serta budaya politik partisipan
|
2. Menganalisis budaya demokrasi menuju
masyarakat madani
|
2.1
Mendeskripsikan
pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
2.2
Mengidentifikasi
ciri-ciri masyarakat madani
2.3
Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde
baru, dan reformasi
2.4
Menampilkan
perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
3.1
Mendeskripsikan
pengertian dan pentingnya keterbukaan dan
keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2
Menganalisis
dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
3.3
Menunjukkan
sikap keterbukaan dan keadilan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4. Menganalisis hubungan
internasional dan organisasi
internasional
|
4.1 Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi
suatu negara
4.2 Menjelaskan
tahap-tahap perjanjian internasional
4.3 Menganalisis fungsi Perwakilan
Diplomatik
4.4 Mengkaji peranan organisasi
internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam
meningkatkan hubungan internasional
4.5 Menghargai kerja sama dan perjanjian
internasional yang bermanfaat bagi Indonesia
|
5.
Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional
|
5.1 Mendeskripsikan sistem hukum dan
peradilan internasional
5.2 Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara
penyelesaian oleh Mahkamah Internasional
5.3 Menghargai putusan Mahkamah
Internasional
|
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
|
1.1 Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi
terbuka
1.2
Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila
sebagai ideologi terbuka
|
2.
Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
|
2.1
Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
2.2
Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia
2.3 Membandingkan pelaksanaan sistem
pemerintahan yang berlaku di Indonesia
dengan negara lain
|
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Mengevaluasi peranan pers dalam
masyarakat demokrasi
|
3.1 Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta
perkembangan pers di Indonesia
3.2
Menganalisis pers yang bebas
dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat
demokratis di Indonesia
3.3
Mengevaluasi kebebasan pers dan
dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di
Indonesia
|
4. Mengevaluasi dampak
globalisasi
|
4.1
Mendeskripsikan proses, aspek,
dan dampak globalisasi dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
4.2
Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara
Indonesia
4.3
Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara
Indonesia
4.4
Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa
dan Negara Indonesia
|
3.
Bahasa Inggris
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris
setara Level Novice
|
1. 1
Memahami
ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan
1. 2
Menyebutkan
benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun
1. 3
Mendeskripsikan
benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun
1. 4
Menghasilkan
tuturan sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar
1. 5
Menjelaskan
secara sederhana kegiatan yang sedang terjadi
1. 6
Memahami
memo dan menu sederhana, jadwal perjalanan kendaraan umum, dan rambu-rambu
lalu lintas
1. 7
Memahami
kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus
1. 8
Menuliskan undangan sederhana
|
2. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris
setara Level Elementary
|
2. 1 Memahami percakapan sederhana
sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun pribadi dengan orang bukan
penutur asli
2. 2 Mencatat pesan-pesan sederhana baik
dalam interaksi langsung maupun melalui alat
2. 3 Merinci tugas pekerjaan dan latar
belakang pendidikan yang dimilikinya secara lisan dan tulisan
2. 4 Menceritakan pekerjaan di masa lalu dan
rencana kerja yang akan datang
2. 5 Mengungkapkan berbagai macam
maksud hati
2. 6 Memahami instruksi-instruksi
sederhana
2. 7 Membuat pesan-pesan pendek,
petunjuk dan daftar dengan pilihan kata, ejaan dan tata tulis yang berterima
|
3. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris
setara Level Intermediate
|
3. 1 Memahami monolog yang muncul pada
situasi kerja tertentu
3. 2 Memahami percakapan terbatas dengan
penutur asli
3. 3 Menyajikan laporan
3. 4 Memahami manual penggunaan
peralatan
3. 5 Memahami surat-surat bisnis
sederhana
3. 6 Memahami dokumen-dokumen teknis
3. 7 Menulis surat bisnis dan laporan
sederhana
|
4. Bahasa Indonesia
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Berkomunikasi dengan bahasa
Indonesia setara tingkat Semenjana
|
1. 1
Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang
lazim/baku dan yang tidak
1. 2
Menyimak
untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat
1. 3
Membaca
cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat
1. 4
Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks
1. 5
Melafalkan
kata dengan artikulasi yang tepat
1. 6
Memilih
kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
1. 7
Menggunakan
kalimat yang baik, tepat, dan santun
1. 8
Mengucapkan
kalimat dengan jelas, lancar, bernalar, dan wajar
1. 9
Menulis
dengan memanfaatkan kategori/kelas kata
1. 10
Membuat
berbagai teks tertulis dalam konteks bermasyarakat dengan memilih kata,
bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
1. 11
Menggunakan
kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi
1. 12
Membuat
parafrasa dari teks tertulis
|
2. Berkomunikasi dengan bahasa
Indonesia setara tingkat Madia
|
2. 1
Menyimak
untuk menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah dalam konteks
bekerja
2. 2
Menyimak
untuk memahami perintah yang diungkapkan atau yang tidak dalam konteks
bekerja
2. 3
Memahami
perintah kerja tertulis
2. 4
Membaca
untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks
bekerja
|
|
2. 5
Menggunakan
secara lisan kalimat tanya/pernyataan dalam konteks bekerja
2. 6
Membuat
parafrasa lisan dalam konteks bekerja
2. 7
Menerapkan
pola gilir dalam berkomunikasi
2. 8
Bercakap-cakap
secara sopan dengan mitra bicara dalam konteks bekerja
2. 9
Berdiskusi
yang bermakna dalam konteks bekerja
2. 10
Bernegosiasi
yang menghasilkan dalam konteks bekerja
2. 11
Menyampaikan
laporan atau presentasi lisan dalam konteks bekerja
2. 12
Menulis
wacana yang bercorak naratif, deskriptif, ekspositoris, dan argumentatif
2.
13
Meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja
2. 14
Menyimpulkan
isi teks tertulis dalam konteks bekerja
|
3. Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia
setara tingkat Unggul
|
3. 1
Menyimak
untuk memahami secara kreatif teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana
3. 2
Mengapresiasi
secara lisan teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana
3. 3
Menulis
proposal untuk kegiatan ilmiah sederhana
3. 4
Menulis
surat dengan memperhatikan jenis surat
3. 5
Menulis
laporan ilmiah sederhana
|
5.
Matematika
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memecahkan masalah berkaitan dengan
konsep operasi bilangan riil
|
1. 1
Menerapkan
operasi pada bilangan riil
1. 2
Menerapkan
operasi pada bilangan berpangkat
1. 3
Menerapkan
operasi pada bilangan irasional
1. 4
Menerapkan konsep logaritma
|
2. Memecahkan masalah berkaitan
dengan konsep aproksimasi kesalahan
|
2. 1
Menerapkan konsep kesalahan pengukuran
2. 2
Menerapkan konsep operasi hasil pengukuran
|
3. Memecahkan masalah berkaitan sistem
persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
|
3. 1
Menentukan
himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier
3. 2
Menentukan
himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
3. 3
Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
3. 4
Menyelesaikan sistem persamaan
|
4. Memecahkan masalah berkaitan dengan
konsep matriks
|
4. 1
Mendeskripsikan macam-macam matriks
4. 2
Menyelesaikan operasi matriks
4. 3
Menentukan determinan dan invers
|
5. Menyelesaikan masalah program linier
|
5. 1
Membuat
grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier
5. 2
Menentukan
model matematika dari soal ceritera (kalimat verbal)
5. 3
Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linier
5. 4
Menerapkan garis selidik
|
6. Menerapkan logika matematika dalam
pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan
berkuantor
|
6. 1
Mendeskripsikan pernyataan dan bukan pernyataan (kalimat terbuka)
6. 2
Mendeskripsikan
ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi dan ingkarannya
6. 3
Mendeskripsikan invers, konvers dan kontraposisi
6. 4
Menerapkan modus ponens, modus tollens dan prinsip silogisme dalam
menarik kesimpulan
|
7. Menerapkan perbandingan, fungsi,
persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
|
7. 1
Menentukan
nilai perbandingan trigonometri suatu sudut.
7. 2
Mengkonversi
koordinat kartesius dan koordinat kutub
7. 3
Menerapkan aturan sinus dan kosinus
7. 4
Menentukan luas suatu segitiga
7. 5
Menerapkan
rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut
7. 6
Menyelesaikan persamaan trigonometri
|
8. Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat
|
8. 1
Mendeskripsikan
perbedaan konsep relasi dan fungsi
8. 2
Menerapkan konsep fungsi linier
8. 3
Menggambarkan fungsi kuadrat
8. 4
Menerapkan konsep fungsi kuadrat
8. 5
Menerapkan konsep fungsi eksponen
8. 6
Menerapkan konsep fungsi logaritma
8. 7
Menerapkan konsep
fungsi trigonometri
|
9. Menerapkan konsep barisan dan deret
dalam pemecahan masalah
|
9.
1
Mengidentifikasi pola, barisan, dan deret bilangan
9.
2
Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika
9. 3
Menerapkan konsep barisan dan deret geometri
|
10. Menentukan kedudukan, jarak, dan besar
sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi dua
|
10.
1 Mengidentifikasi sudut
10. 2
Menentukan keliling bangun datar dan luas daerah bangun
datar
10. 3
Menerapkan transformasi bangun datar
|
11. Menentukan kedudukan, jarak, dan besar
sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
|
11.
1 Mengidentifikasi
bangun ruang dan unsur-unsurnya
11.
2 Menghitung luas
permukaan
11.
3 Menerapkan konsep
volume bangun ruang
11. 4
Menentukan hubungan antarunsur-unsur dalam bangun ruang
|
12. Menerapkan konsep vektor dalam
pemecahan masalah
|
12.
1 Menerapkan
konsep vektor pada bidang datar
12. 2
Menerapkan konsep vektor pada bangun ruang
|
13. Memecahkan masalah dengan konsep
teori peluang
|
13.
1 Mendeskripsikan kaidah
pencacahan, permutasi, dan kombinasi
13. 2
Menghitung peluang suatu kejadian
|
14. Menerapkan aturan konsep statistik dalam
pemecahan masalah
|
14.
1 Mengidentifikasi
pengertian statistik, statistika, populasi, dan sampel
14.
2 Menyajikan data dalam
bentuk tabel dan diagram
14.
3 Menentukan ukuran
pemusatan data
14. 4
Menentukan ukuran penyebaran data
|
15. Menerapkan konsep irisan kerucut
dalam memecahkan masalah
|
15.
1 Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan lingkaran
15.
2 Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan parabola
15.
3 Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan elips
15. 4
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan hiperbola
|
16.
Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan
masalah
|
16. 1
Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di
tak hingga
16. 2
Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu
fungsi aljabar dan trigonometri
16. 3
Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi
16. 4
Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan
memecahkan masalah
16. 5 Menyelesaikan model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya
|
17.
Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah
|
17. 1
Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu
17. 2
Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar
dan fungsi trigonometri yang sederhana
17. 3
Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan
volum benda putar
|
6.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami gejala-gejala alam
melalui pengamatan
|
1. 1
Mengidentifikasi obyek secara
terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik
1. 2
Mengidentifikasi obyek secara
terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik
|
2.
Memahami polusi dan dampaknya
terhadap manusia dan lingkungan
|
2. 1 Mengidentifikasi jenis limbah
2. 2 Mengidentifikasi jenis polusi pada
lingkungan kerja
2. 3 Mendeskripsikan dampak polusi terhadap
kesehatan manusia dan lingkungan
2. 4 Mendeskripsikan cara-cara
menangani limbah
|
3. Memahami komponen ekosistem serta
peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal
|
3. 1 Mengidentifikasi komponen
ekosistem
3. 2 Menjelaskan konsep keseimbangan
lingkungan
3. 3 Mendeskripsikan Amdal
|
7.
Fisika
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mengukur besaran dan menerapkan
satuannya
|
1. 1
Menguasai
konsep besaran dan satuannya
1. 2
Menggunakan
alat ukur yang tepat untuk mengukur suatu besaran fisis
|
2. Menerapkan hukum gerak dan gaya
|
2. 1
Menguasai
konsep gerak dan gaya
2. 2
Menguasai
hukum Newton
2. 3
Menghitung
gerak lurus
2. 4
Menghitung gerak melingkar
2. 5
Menghitung gaya gesek
|
3. Menerapkan gerak translasi, rotasi, dan
keseimbangan benda tegar
|
3. 1
Menguasai konsep gerak translasi dan rotasi
3. 2
Menguasai
konsep keseimbangan benda tegar
3. 3
Menghitung
gerak translasi dan rotasi
3. 4
Menghitung keseimbangan benda tegar
|
4. Menerapkan konsep usaha/ daya dan energi
|
4. 1
Menguasai
konsep usaha/daya dan energi
4. 2
Menguasai hukum kekekalan energi
4. 3
Menghitung usaha/daya dan energi
|
5. Menerapkan konsep impuls dan momentum
|
5. 1
Mengenali jenis tumbukan
5. 2
Menguasai konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
5. 3
Menerapkan
hubungan impuls dan momentum dalam perhitungan
|
6. Menginterpretasikan sifat mekanik bahan
|
6. 1
Menguasai konsep elastisitas bahan
6. 2
Menguasai hukum Hooke
6. 3
Menentukan kekuatan bahan
|
7. Menerapkan konsep suhu dan kalor
|
7. 1
Menguasai konsep suhu dan kalor
7. 2
Menguasai pengaruh kalor terhadap zat
7. 3
Mengukur suhu dan kalor
7. 4
Menghitung kalor
|
8. Menerapkan konsep fluida
|
8. 1
Menguasai hukum fluida statis
8. 2
Menguasai hukum fluida dinamis
8. 3
Menghitung fluida statis
8. 4
Menghitung fluida dinamis
|
9. Menerapkan hukum Termodinamika
|
9. 1
Menguasai hukum Termodinamika
9. 2
Menggunakan hukum
Termodinamika dalam perhitungan
|
10. Menerapkan getaran, gelombang, dan bunyi
|
10. 1 Menguasai hukum getaran, gelombang, dan
bunyi
10. 2 Membedakan getaran, gelombang, dan
bunyi
10. 3 Menghitung getaran, gelombang, dan bunyi
|
11. Menerapkan konsep magnet dan
elektromagnet
|
11. 1 Menguasai konsep kemagnetan
11. 2 Menguasai hukum magnet dan
elektromagnet
11. 3 Menggunakan magnet
11.
4 Menggunakan electromagnet
|
12. Menerapkan konsep optik
|
12. 1 Membedakan konsep cermin dan lensa
12. 2 Menggunakan hukum pemantulan dan
pembiasan cahaya
12.
3 Menggunakan cermin dan lensa
|
13. Menginterpretasikan listrik
statis dan dinamis
|
13. 1 Membedakan konsep listrik statis
dan dinamis
13.
2 Menjelaskan penerapan listrik statis dan dinamis
|
14. Menerapkan konsep listrik arus searah
|
14. 1 Menguasai hukum kelistrikan arus
searah
14. 2 Menguasai hubungan antara
tegangan, hambatan, dan arus
14.
3 Menghitung daya dan energi listrik
arus searah
|
15. Menerapkan konsep listrik arus
bolak-balik
|
15. 1 Menguasai hukum kelistrikan arus
bolak-balik
15. 2 Menguasai hubungan antara tegangan,
impedensi, dan arus
15. 3 Menghitung daya dan energi listrik
arus bolak-balik
|
8.
Kimia
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami konsep materi dan perubahannya
|
1. 1
Mengelompokkan sifat materi
1. 2
Mengelompokkan perubahan materi
1. 3
Mengklasifikasi materi
|
2. Memahami konsep penulisan lambang unsur
dan persamaan reaksi
|
2. 1
Memahami lambang unsur
2. 2
Memahami rumus kimia
2. 3
Menyetarakan persamaan reaksi
|
3. Mengidentifikasi struktur atom dan
sifat-sifat periodik pada tabel periodik unsur
|
3. 1
Mendeskripsikan perkembangan teori atom
3. 2
Menginterpretasikan data dalam tabel sistem periodik
|
4. Memahami konsep mol
|
4. 1
Menjelaskan konsep mol
4. 2
Menerapkan hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro
|
5. Memahami terjadinya ikatan kimia
|
5. 1
Mendeskripsikan terjadinya ikatan ion
5. 2
Mendeskripsikan terjadinya ikatan kovalen
5. 3
Menjelaskan ikatan logam
5. 4
Menuliskan nama senyawa kimia
|
6. Memahami perkembangan konsep reaksi
kimia
|
6. 1
Mendeskripsikan pengertian umum reaksi kimia
6. 2
Membedakan
konsep oksidasi, reduksi dan reaksi lainnya
|
7. Memahami konsep larutan elektrolit dan
elektrokimia
|
7. 1
Membedakan larutan elektrolit dan nonelektrolit
7. 2
Mengidentifikasi dan mengklasifikasi berbagai larutan
7. 3
Menerapkan konsep reaksi redoks dalam elektrokimia
7. 4
Menggunakan
satuan konsentrasi dalam membuat larutan
|
8. Memahami konsep kesetimbangan reaksi
|
8. 1
Menguasai reaksi kesetimbangan
8. 2
Menguasai
faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan
8. 3
Menentukan
hubungan kuantitatif antara pereaksi dan hasil reaksi dari suatu reaksi
kesetimbangan
|
9. Menentukan perubahan entalpi berdasarkan
konsep termokimia
|
9. 1
Menjelaskan entalpi dan perubahan entalpi
9. 2
Menentukan perubahan entalpi reaksi
9. 3
Menentukan
kalor pembakaran berbagai bahan baker
|
10. Mengkomunikasikan senyawa hidrokarbon
dan kegunaannya
|
10. 1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon
yang membentuk senyawa hidrokarbon
10. 2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon
dan turunannya
10. 3 Mendeskripsikan kegunaan senyawa
hidrokarbon dalam kehidupan manusia
|
11. Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi
|
11. 1 Menentukan laju reaksi dan orde
reaksi
11. 2 Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi
|
12. Memahami koloid, suspensi, dan larutan
sejati.
|
12. 1 Mengidentifikasi koloid, suspensi,
dan larutan
sejati
12. 2 Membedakan macam dan sifat koloid
12. 3
Menerapkan sistem koloid dalam kehidupan
|
13. Melakukan pemisahan dan analisis
|
13. 1
Memisahkan zat dari campuran
13. 2
Menentukan kadar suatu unsur/senyawa senyawa
gravimetri, volumetri, dan teknik lainnya.
|
9.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami kehidupan sosial manusia
|
1. 1 Mengidentifikasi interaksi sebagai
proses sosial
1. 2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai
proses pembentukan kepribadian
1. 3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi
sosial
|
2. Memahami proses kebangkitan nasional
|
2. 1
Menjelaskan
proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang
ditimbulkannya di berbagai daerah
2. 2 Menguraikan proses terbentuknya
kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan
kebangsaan Indonesia
|
3.
Memahami permasalahan ekonomi
dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
|
3. 1
Mengidentifikasi
kebutuhan manusia
3. 2
Mendeskripsikan
berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
3. 3
Mengidentifikasi
masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang
dan jasa diproduksi
|
4. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya
dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen termasuk permintaan, penawaran,
keseimbangan harga, dan pasar
|
4. 1
Mendeskripsikan
berbagai kegiatan ekonomi dan pelaku-pelakunya
4. 2
Membedakan
prinsip ekonomi dan motif ekonomi
4. 3
Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen
4. 4
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
4. 5
Menjelaskan
hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya
4. 6
Mendeskripsikan
pengertian keseimbangan dan harga
4. 7
Mendeskripsikan
berbagai bentuk pasar, barang dan jasa
|
5. Memahami struktur sosial serta berbagai
faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
|
5. 1
Mendeskripsikan
bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
5. 2
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
|
6. Mendeskripsikan kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural
|
6. 1
Mendeskripsikan
berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
6. 2
Mendeskripsikan
perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
6. 3
Mendeskripsikan
keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
7. Memahami kesamaan dan keberagaman budaya
|
7. 1
Mengidentifikasi
berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan hubungan antarbudaya
7. 2
Mendeskripsikan
potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya
dengan budaya nasional
7. 3
Mengidentifikasi
berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya
7. 4
Menunjukkan
sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya
|
10. Seni Budaya
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Seni Rupa
|
|
1.
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1
Mengidentifikasi keunikan
gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan
1.2
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah
Nusantara
|
2. Mengekspresikan diri berkaitan dengan
karya seni rupa
|
2.1 Mendiskusikan karya seni rupa terapan
yang memanfaatkan berbagai teknik dan corak
2.2 Melaporkan pengamatan terhadap karya
seni rupa terapan yang memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
|
Seni Musik
|
|
1.
Mengapresiasi karya seni
musik
|
1.1 Mengidentifikasi fungsi dan latar
belakang musik
1.2 Menunjukkan nilai-nilai musikal dari
hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik
|
2. Mengekspresikan diri berkaitan dengan
karya seni musik
|
2.1
Memainkan musik
2.2 Mendiskusikan persiapan pertunjukan
musik yang diselenggarakan di sekolah
2.3
Mendiskusikan suatu
pertunjukan musik
|
Seni Tari
|
|
1.
Mengapresiasi karya seni tari
|
1.1 Mengidentifikasi jenis, peran, dan
perkembangan tari
1.2 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan
teknik dalam karya seni tari di wilayah Nusantara
|
2. Mengekspresikan diri berkaitan dengan
karya seni tari
|
2.1 Mengidentifikasi gagasan untuk disusun
ke dalam tari kreasi dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok
2.2 Mendiskusikan tari kreasi yang berbentuk tari tunggal atau
berpasangan/kelompok
|
Teater
|
|
1.
Mengapresiasi karya seni
teater
|
1.1
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap unsur estetis pertunjukan teater
1.2
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater
|
2.
Mengekspresikan diri
berkaitan dengan seni teater
|
2.1
Merancang persiapan
pergelaran teater
2.2
Menerapkan prinsip kerja sama
dalam berteater
|
11. Pendidikan Jasmani Olah raga dan Kesehatan
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai
keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain
salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran,
menghargai, semangat, dan percaya diri**)
1.2 Mempraktikkan keterampilan salah satu permainan olahraga
beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi
serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri**)
1.3
Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi serta nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
1.4 Mempraktikkan keterampilan salah satu cabang olahraga bela
diri serta nilai kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan
percaya diri**)
|
2. Mempraktikkan latihan
kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan
kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan
percaya diri
2.2 Mempraktikkan tes kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin,
dan percaya diri.
2.3
Mempraktikkan perawatan tubuh agar tetap segar
|
3. Mempraktikkan keterampilan rangkaian
senam lantai dan nilai nilai yang
terkandung di dalamnya
|
3.1
Mempraktikkan rangkaian senam
lantai dengan menggunakan bantuan
serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman
3.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa
alat serta nilai percaya diri,
kerjasama dan tanggung jawab
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4. Mempraktikkan aktivitas
ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan keterampilan gerak
dasar langkah dan lompat pada
aktivitas ritmik tanpa alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan
keluwesan
4.2 Mempraktikkan keterampilan dasar
ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang
benar serta nilai disiplin, toleransi dan estetika
|
5.
Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat indah sederhana dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
5.1 Mempraktikkan keterampilan dasar
salah satu gaya renang serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab, dan
kerja keras
5.2
Mempraktikkan keterampilan teknik dasar loncat indah dari samping kolam
dengan teknik serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras
|
6.
Mempraktikkan perencanaan penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di
alam bebas dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya***)
|
6.1 Mempraktikkan keterampilan
dasar-dasar kegiatan menjelajah pantai serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan kelompok
6.2 Mempraktikkan keterampilan dasar
penyelamatan kegiatan penjelajahan di pantai serta nilai tanggung jawab, kerjasama,
toleransi, tolong menolong, keputusan dalam kelompok
6.3 Mempraktikkan keterampilan memilih
makanan dan minuman yang sehat
|
7.
Menerapkan budaya
hidup sehat
|
7.1 Menganalisis bahaya penggunaan
narkoba
7.2 Memahami berbagai peraturan
perundangan tentang narkoba
|
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
8. Mempraktikkan berbagai
keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya
diri **)
8.2 Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri**)
8.3 Mempraktikkan
keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)
8.4 Mempraktikkan
keterampilan olahraga bela diri serta
nilai kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**)
|
9. Mempraktikkan latihan
kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan berbagai
bentuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan serta nilai kejujuran, tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
9.2 Mempraktikkan tes
kebugaran dan interpretasi hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran serta nilai
kejujuran, semangat, tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
|
10. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
10.1 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dengan
menggunakan alat serta nilai percaya
diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman
10.2 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai tanpa
alat serta nilai percaya diri,
kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
11. Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi
yang baik dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
11.1 Mempraktikkan
kombinasi keterampilan langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas ritmik
berirama tanpa alat serta nilai
disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
11.2
Mempraktikkan rangkaian senam irama tanpa alat dengan koordinasi gerak
serta nilai disiplin, toleransi, keluesan dan estetika
|
12.
Mempraktikkan keterampilan beberapa gaya renang dan pertolongan
kecelakaan di air dan nilai nilai yang
terkandung di dalamnya*)
|
12.1
Mempraktikkan kombinasi teknik renang gaya dada, gaya bebas dan salah
satu gaya lain serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab
12.2 Mempraktikkan keterampilan dasar
pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi Jantung dan Paru (RJP)
serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab
|
13. Mempraktikkan perencanaan
penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya***)
|
13.1 Mempraktikkan keterampilan
dasar-dasar kegiatan menjelajah gunung serta nilai tanggung jawab, kerjasama,
toleransi, tolong-menolong, dan melaksanakan keputusan dalam kelompok
13.2
Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di
pegunungan serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, dan
melaksanakan keputusan kelompok
13.3
Mempraktikkan keterampilan penjagaan lingkungan yang sehat
|
14. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
14.1 Menganalisis dampak
seks bebas
14.2 Memahami cara
menghindari seks bebas
|
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai
keterampilan permainan olahraga dengan teknik
dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya.
|
1.1
Mempraktikkan keterampilan
teknik bermain salah satu permainan olahraga bola besar secara sederhana serta nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri **)
1.2 Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan
olahraga bola kecil secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, kerja keras dan
percaya diri**)
1.3 Mempraktikkan
keterampilan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan
yang dimodifikasi serta nilai
kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri **)
1.4 Mempraktikkan keterampilan teknik penyerangan salah satu
permainan olahraga bela diri serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya
diri**)
|
2. Mempraktikkan aktivitas
pengembangan untuk meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara
pengukurannya dan nilai nilai yang
terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan berbagai
bentuk latihan kelincahan, power dan daya tahan untuk peningkatan kebugaran
jasmani serta nilai
tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
2.2
Mempraktikkan tes untuk
kelincahan, power dan daya tahan dalam kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan
percaya diri
|
3.
Mempraktikkan keterampilan senam
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1
Mempraktikkan keterampilan rangkaian
senam ketangkasan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggungjawab, menghargai teman
3.2
Mempraktikkan keterampilan rangkaian
senam ketangkasan tanpa menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggungjawab, menghargai teman
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4. Mempraktikkan
aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan
keterampilan aktivitas ritmik tanpa
alat dengan koordinasi gerak lanjutan serta nilai
kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan dan estetika
4.2 Mempraktikkan
keterampilan aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai disiplin, toleransi,kerja sama, keluesan dan estetika
|
5. Mempraktikkan salah
satu gaya renang dan loncat
indah dan nilai nilai yang terkandung
di dalamnya*)
|
5.1 Mempraktikkan
keterampilan salah satu gaya renang untuk pertolongan serta nilai disiplin,
keberanian, kerja sama, dan kerja keras
5.2 Metakukan keterampilan
loncat indah dari papan satu meter dengan teknik serta nilai disiplin, keberanian dan kerja keras
|
6. Menerapkan budaya hidup sehat
|
6.1 Memahami bahaya HIV/AIDS
6.2 Memahami cara penularan
HIV/AIDS
6.3
Memahami cara menghindari penularan HIV/AIDS
|
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
7. Mempraktikkan berbagai
keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik , dan nilai
nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar serta nilai
kerjasama, kejujuran, kerja keras
dan percaya diri **)
7.2. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan
olahraga bola kecil serta nilai
kerjasama, kejujuran, kerja keras, toleransi dan percaya diri**)
7.3. Mempraktikkan teknik salah atletik dengan menggunakan
peraturan yang dimodifikasi serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri**)
7.4. Mempraktikkan keterampilan
teknik salah satu permainan olahraga bela diri serta nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri.**)
|
8. Meningkatkan kualitas
kebugaran jasmani dan cara pengukurannya
dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan latihan
sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
8.2 Mempraktikkan
peningkatan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
8.3 Mempraktikkan tes untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
|
9. Mempraktikkan
keterampilan senam ketangkasan dengan alat
dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan
keterampilan senam ketangkasan dengan menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya
diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman
9.2 Mempraktikkan
keterampilan senam ketangkasan tanpa menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai
teman
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
10. Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat dengan
koordinasi yang baik dan nilai yang
terkandung di dalamnya
|
10.1 Mempraktikkan koombinasi gerak berirama menggunakan alat
dengan koordinasi serta nilai
kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
10.2 Merangkai aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai
kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
|
11. Mempraktikkan dasar pertolongan kecelakaan di air dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya*)
|
11.1 Mempraktikkan
keterampilan kombinasi gerakan renang
serta nilai disiplin, kerja sama serta keberanian
11.2 Mempraktikkan
keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi
Jantung dan Paru (RJP) serta nilai disiplin dan tanggungjawab
|
12. Mempraktikkan perencanaan dan keterampilan penjelajahan, dan
penyelamatan di alam bebas dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
12.1
Mempraktikkan keterampilan merencanakan penjelajahan di perbukitan
12.2
Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di
perbukitan serta nilai disiplin,
tanggungjawab dan keselamatan
|
13. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
13.1 Memahami cara
pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
13.2 Menerapkan pola hidup
sehat
|
Kelas
XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar lanjutan dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai
kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**)
1.2 Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan
peraturan yang dimodifikasi serta
nilai kerjasama, kejujuran, toeleransi, kerja keras dan percaya diri**)
1.3 Mempraktikkan teknik
atletik dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya
diri **)
1.4 Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bela diri secara berpasangan dengan peraturan yang
sebenarnya serta nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai lawan, kerja keras, percaya diri dan
menerima kekalahan**)
|
2. Mempraktikkan
perancangan aktivitas pengembangan untuk peningkatan dan pemeliharaan
kebugaran jasmani
|
2.1 Merancang program
latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
2.2 Melaksanakan program
latihan fisik sesuai dengan prinsip-prinsip latihan yang benar serta nilai
tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
|
3. Mempraktikkan rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsep yang benar
dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
keterampilan gerakan kombinasi rangkaian
senam lantai serta nilai
percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan
menghargai teman
3.2. Mempraktikkan keterampilan gerakan kombinasi rangkaian senam ketangkasan serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggungjawab, dan menghargai teman
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4. Mempraktikkan satu
rangkaian gerak berirama berbentuk aktivitas aerobik secara beregu dengan
diiringi musik dan nilai nilai yang
yerkandung di dalamnya
|
4.1. Mempraktikkan
keterampilan gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kedisiplinan, percaya diri, keluwesan, dan
estetika
4.2
Mempraktikkan keterampilan menyelaraskan antara gerak dan irama dengan
iringan musik serta nilai kerjasama, disiplin, percaya diri, keluwesan, dan estetika
|
5.
Mempraktikkan berbagai gaya renang lanjutan dan nilai nilai yang
terkandung di dalamnya*)
|
5.1
Mempraktikkan keterampilan
renang gaya dada lanjutan serta nilai disiplin, kerja keras dan keberanian
5.2
Mempraktikkan keterampilan
renang gaya bebas lanjutan serta nilai disiplin, kerja keras dan
keberanian
5.3
Mempraktikkan keterampilan
renang gaya punggung lanjutan serta nilai disiplin, kerja keras dan keberanian
5.4
Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang lanjutan lainnya serta nilai disiplin, kerja keras dan keberanian
|
Kelas
XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan
keterampilan permainan olahraga dengan peraturan dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar dengan
peraturan yang sebenarnya serta
nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya
diri**)
6.2 Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan
peraturan sebenarya serta nilai
kerjasama, , kejujuran, menerima kekalahan
kerja keras dan percaya diri**)
|
|
6.3 Mempraktikkan
keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan,kerja keras
dan percaya diri**)
6.4 Mempraktikkan
keterampilan bela diri secara berpasangan dengan menggunakan peraturan yang
sebenarnya serta nilai
kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan kerja keras dan percaya diri**)
|
7. Memelihara tingkat
kebugaran jasmani yang telah dicapai
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan program latihan fisik untuk
pemeliharaan kebugaran jasmani
7.2 Mempraktikkan membaca hasil tes bedasarkan
tabel yang cocok
|
8. Mengkombinasikan rangkaian gerakan senam lantai
dan senam ketangkasan dengan alat dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan rangkaian gerakan senam
lantai serta nilai percaya dirim, tanggung jawab, kerja sama, dan percaya
kepada teman
8.2. Mempraktikkan rangkaian gerakan senam
ketangkasan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, tanggungjawab, kerja sama, dan percaya
kepada teman
|
9. Mempraktikkan satu
rangkaian gerak berirama secara beregu dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan rangkaian
gerak senam aerobik dengan iringan musik
serta nilai
kerjasama, disiplin, keluwesan dan estetika
9.2 Mempraktikkan senam
irama tradisional sesuai budaya daerah secara berkelompok serta nilai
kerjasama, disiplin, percaya diri, keluwesan dan estetika
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
10. Mempraktikkan keterampilan penguasaan berbagai teknik gaya
renang dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk
kepentingan bermain di air dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai
disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian
10.2 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk estafet
sesuai dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai disiplin, sportif,
jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian
|
|
10.3 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk
kepentingan pertolongan serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja
keras, dan keberanian
|
11. Mengevaluasi kegiatan
luar kelas/sekolah dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mengevaluasi kegiatan di sekitar sekolah serta nilai percaya
diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi
11.2 Mengevaluasi kegiatan di alam bebas serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati,
toleransi, etika, dan demokrasi
11.3 Mengevaluasi kegiatan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah serta nilai percaya
diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi
11.4 Mengevaluasi kegiatan karya wisata serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati,
toleransi, etika, dan demokrasi
|
12. Mempraktikkan
budaya hidup sehat
|
12.1
Mempraktikkan pola hidup sehat
12.2 Menampilan perilaku hidup sehat
|
Keterangan
1.
*)
Diajarkan sebagai kegiatan pilihan, disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah
**)
Materi pilihan, disesuaikan dengan fasilitas dan peralatan yang tersedia
***) Diajarkan sebagai kegiatan yang
dapat dilakukan dalam semester 1 dan atau
semester 2
2.
Untuk
pembinaan peserta didik yang berminat terhadap salah satu atau beberapa cabang
tertentu dapat dilakukan melalui kegiatan ekstra kurikuler
12. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan
Informasi (KKPI)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Mengoperasikan PC stand alone
|
2. 1
Mengoperasikan operasi berbasis teks
2.
2
Mengoperasikan operasi berbasis Graphic User Interface (GUI)
|
2. Mengoperasikan sistem operasi software
|
2. 1
Menginstal sistem operasi dan software
2. 2
Mengoperasikan software
pengolah kata
2. 3
Mengoperasikan software spreadsheet
2. 4
Mengoperasikan software presentasi
2.
5
Mengoperasikan software aplikasi basis data
|
3. Mengolah data aplikasi
|
3. 1
Melakukan entry data
aplikasi dengan keyboard
3. 2
Melakukan update data
dengan utilitas aplikasi
3. 3
Melakukan delete data
dengan utilitas aplikasi
3. 4
Melakukan entry data dengan
image scanner
3. 5
Melakukan entry data dengan
OCR
(Optical Character Recognition)
|
4. Mengoperasikan PC dalam jaringan
|
4.
1
Menginstal software
jaringan
4.
2
Mengoperasikan
jaringan PC dengan sistem operasi
|
5. Mengoperasikan web-design
|
5. 1
Mengoperasikan web-browser
5.
2
Mengoperasikan software email client
|
13.
Kewirausahaan
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
|
1. 1
Mengidentifikasi
sikap dan perilaku wirausahawan
1. 2
Menerapkan
sikap dan perilaku kerja prestatif
1. 3
Merumuskan solusi masalah
1. 4
Mengembangkan semangat wirausaha
1. 5
Membangun
komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain
1. 6
Mengambil resiko usaha
1. 7
Membuat keputusan
|
2.
Menerapkan jiwa
kepemimpinan
|
2. 1
Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet
2.
2
Mengelola konflik
2. 3
Membangun visi dan misi usaha
|
3.
Merencanakan usaha
kecil/mikro
|
3. 1
Menganalisis peluang usaha
3. 2
Menganalisis aspek-aspek pengelolaan usaha
3.
3
Menyusun proposal usaha
|
4.
Mengelola usaha
kecil/mikro
|
4. 1
Mempersiapkan pendirian usaha
4. 2
Menghitung resiko menjalankan usaha
4. 3
Menjalankan usaha kecil
4.
4
Mengevaluasi hasil usaha
|
14.
Dasar Kompetensi Keahlian Multi
Media
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. [MM.IN.01.001.01]:
Mengidentifikasi etimologi multimedia |
1.1
Mendefinisikan dan mengkategorikan tentang
multimedia
1.2
Mengidentifikasi multimedia content production
1.3
Mengidentifikasi multimedia communication
|
2.
[MM.IN.01.002.01]:
Mengidentifkasi alir proses produksi produk
multimedia
|
2.1
Mengilustrasikan proses Pre Production multimedia
2.2
Mengilustrasikan proses Production multimedia
2.3
Mengilustrasikan proses Post Production multimedia
|
3. [MM.IN.01.003.01]:
Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia |
3.1 Mengidentifikasi
kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
3.2 Men-sketsa
3.3 Menggambar
perspektif
3.4 Menggambar
objek
3.5 Menggambar
ilustrasi
3.6 Mengidentifikasi
tipografi
|
4. [MM.IN.01.004.01]:
Menerapkan prinsip-prinsip seni fotografi dalam desain komunikasi visual untuk multimedia |
4.1 Mengidentifikasi
bagian-bagian kamera fotografi
4.2 Mengidentifikasi
aturan dalam pemotretan objek (Third
Rules)
4.3 Menata
pencahayaan
4.4 Memotret
objek
4.5 Memproses
hasil pemotretan
|
5.
[MM.IN.01.005.01]:
Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di bidang multimedia |
5.1 Memilih
perangkat lunak (software) standar
multimedia
5.2 Memilih
dan mengoperasikan komputer (hardware)
standar multimedia
5.3 Memilih
dan mengoperasikan periferal standar multimedia
5.4 Memilih
dan mengoperasikan peralatan (equipment) pendukung multimedia
5.5 Memilih
dan mengoperasikan media penyajian multimedia
|
15.
Kompetensi Keahlian Multimedia
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
6.
[MMP.AD.01.001.01]:
Menyiapkan sebuah proposal
|
1.1
Menganalisa syarat-syarat proyek
1.2
Menentukan keterampilan yang sesuai dengan
persyaratan laporan
1.3
Memperkirakan biaya dan sumber sumber yang ada
1.4
Menyiapkan proposal atau permohonan tender
1.5
Menyajikan permohonan bilamana diperlukan
1.6
Berusaha meraih persetujuan bilamana perlu
|
7. [MMP.SA.01.001.01]:
Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja
|
2.1
Mengikuti prosedur lingkungan kerja tentang
kesehatan, keselamatan dan keamanan
2.2
Keadaan Darurat
2.3
Memelihara standar keamanan pribadi
2.4
Menyediakan umpan balik pada kesehatan, keselamatan
dan keamanan
|
8. [MMP.TE.01.001.01]:
Memeriksa, merawat,
dan memperbaiki peralatan
|
3.1
Merawat perlengkapan dan mengadakan pengecekan
keamanan secara teratur
3.2
Memperbaiki dan mengembalikan lagi perlengkapan
yang rusak
|
9. [MMP.ME.02.011.01]:
Memperbarui isi halaman web
|
4. 1
Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency
4. 2
Memeriksa links dan navigasi
4. 3
Mengedit informasi sesuai kebutuhan
4. 4
Menguji dan memastikan perubahan perubahan
|
10.
[MMP.CA.02.001.01]: Men-set-up dan mengoperasikan
kamera video dasar
|
5. 1
Memilih dan menyiapkan bahan dan peralatan kamera
5. 2
Mengisi dan merawat battery selama pengambilan
gambar
5. 3
Memasang atau memeriksa peralatan pendukung kamera
5. 4
Memasang kamera, lensa, dan aksesories lain
5. 5
Menguji semua aspek operasional kamera
5. 6
Menyiapkan dan mengisi video tape
5. 7
Mengoperasikan kamera
5. 8
Melepaskan kamera, aksesoris dan peralatan
pendukung
|
11. [MMP.CA.02.002.01]:
Merancang dan membuat rencana kerja kamera
|
6. 1
Menerima dan menginterpretasikan
6. 2
uraian untuk rencana kerja kamera
6. 3
Menentukan persyaratan kamera
6. 4
Menentukan persyaratan lighting
6. 5
Memproduksi rencana kerja kamera
6. 6
Implementasi rencana kerja kamera
|
No comments:
Post a Comment